Jason Mraz - I'm Yours

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info>

Sabtu, 28 Mei 2011

LEMBAR KERJA SISWA "Difusi"

TUJUAN
Siswa dapat memahami peristiwa difusi.




ALAT DAN BAHAN
º Gelas ukur
º Air
º Sirup



LANGKAH KERJA
1. Mengisi beaker glass dengan air 100 ml air, sedangkan beaker glass yang lain dibiarkan kosong.
2. Memasukkan sirup pada masing-masing glass beker, kemudian diamati selama 30 menit serta mencatat perubahan-perubahan yang terjadi.

TUGAS
1. Selama 30 menit, pada gelas mana terjadi difusi kalium pemangat ?
2. Apakah warna sirup pada larutan yang terkonsentrasi pada suatu tempat ? Jelaskan?
3. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses difusi.














SUSUNAN LAPORAN PERCOBAAN PROSES DIFUSI

Hasil laporan pengamatan langsung kelompok 3, kelas XI IPA 2 yang dilakukan di laboratorium biologi SMAN 94 Jakarta pada hari Jum’at, 06 Agustus 2010. Dengan guru pembimbing Ibu Lilik Ismiati, S.Pd. Adapun anggota kami sebagai berikut :
Amalia Hanifah
Eka Yuliani
Hilda
Ikhwanuddin
Riri Jayanti
Ryan Dermawan
Yulia Ishmah
Siti Hajar
Tujuan yang utama dari percobaan proses difusi kami ialah yang telah kami sebutkan pada halaman sebelumnya yaitu halaman satu. Selain itu untuk memenuhi nilai pelajaran IPA-Biologi kami yang masih kurang. Pada percobaan ini sirup yang kami gunakan berwarna merah, air yang digunakan ialah air dingin dan biasa serta perbandingan sirup dengan air ialah 2:1 dan 1:2.
Berikut penjabaran hasil pengamatan yang akan kami laporkan.
1. Selama pengamatan 30 menit yang kelompok kami lakukan gelas yang mengalami difusi ialah sirup yang dituangkan dalam gelas yang berisi air . Sedangkan gelas yang hanya berisi sirup tidak mengalami difusi. Karena proses difusi harus ada 2 zat yang berbeda agar dapat terkonsentrasi/terlarut.

2. Ya, warna merah pada larutan terkonsentrasi di suatu tempat yaitu air. Peristiwa ini terjadi dikarenakan adanya dua zat yang berbeda konsentrasi. Yang berkonsentrasi tinggi (sirup sebagai zat yang terlarut) ke konsentrasi rendah (air sebagai zat pelarut).

3. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan proses difusi ialah adanya adanya dua zat dengan konsentrasi berbeda.


KESIMPULAN
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari difusi ialah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Maka suatu zat tidak akan mengalami proses difusi jika tidak adanya dua zat yang berbeda konsentrasi (yang terlarut dan pelarut). Proses difusi ini akan berlangsung terus-menerus hingga ia mengalami kesetimbangan atau tersebar secara luas dan merata. Adapun yang dapat mempengaruhi kecepatan difusi yang dapat diambil dari percobaan ini yaitu :
1) Ukuran partikel. Semakin kecil ukuran partikel, semakin cepat partikel itu akan bergerak, sehinggak kecepatan difusi semakin tinggi.
2) Luas suatu area. Semakin besar luas area, semakin cepat kecepatan difusinya.
3) Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, semakin lambat kecepatan difusinya.
4) Suhu. Semakin tinggi suhu, partikel mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat. Maka, semakin cepat pula kecepatan difusinya.

0 komentar:

Posting Komentar